Mantan bintang sepak bola Belanda Marco van Basten meminta maaf

Mantan bintang sepak bola Belanda Marco van Basten meminta maaf pada Sabtu (23 November) setelah ia didengar menggunakan ucapan Nazi untuk mengolok-olok seorang jurnalis televisi Belanda di Jerman selama wawancara.

Mantan bintang sepak bola Belanda Marco van Basten meminta maaf

Slot Online – Van Basten, 55, yang dianggap sebagai salah satu striker terbaik dalam permainan, berkomentar di saluran pembayaran Fox Sports setelah wawancara menjelang pertandingan Eredivisie antara Ajax dan Heracles.

Kata-katanya dapat didengar di studio beberapa saat setelah wawancara pembawa acara TV Hans Kraay di Jerman dengan manajer Jerman Heracles, Frank Wormuth.

“Tidak terlalu cantik, sieg heil, pfannkuchen (pancake),” kata Van Basten, menggunakan ucapan Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

Kata-katanya tidak menimbulkan badai Twitter dan selama paruh waktu dalam pertandingan, mantan penyerang Ajax dan Ac Milan itu membuat alasan untuk apa yang disebutnya dengan “lelucon yang salah”.

“Bukan maksud saya sama sekali untuk mengejutkan orang. Saya hanya ingin ‘menjelaskan’ bahasa Jerman Hans,” kata Van Basten yang menyesal.

Tetapi komentar Van Basten yang salah tempat membuat banyak orang marah, bukan hanya karena apa yang dia katakan tetapi juga tentang waktunya.

Klub-klub sepak bola di Belanda mengambil langkah-langkah aktif untuk memerangi rasisme menyusul insiden akhir pekan lalu ketika nyanyian rasis menyebabkan pertandingan divisi kedua dihentikan.

Wasit sempat menunda pertandingan hari Minggu antara Excelsior Rotterdam dan Den Bosch dan pemain sayap Excelsior Ahmad Mendes Moreira berjalan keluar lapangan.

Moreira mengatakan dia mendengar suara monyet dan lagu tentang “Black Pete”, karakter tradisional Belanda pada masa Natal yang muncul dalam warna hitam dan menarik tuduhan stereotip rasis, lapor media Belanda.

Fox Sports juga meminta maaf atas komentar Van Basten, harian Algemeen Dagblad melaporkan.

“Komentarnya tidak tepat. Tidak hanya untuk hari ini, tetapi untuk setiap hari,” kata seorang juru bicara kepada surat kabar itu.

Ajax mengalahkan Heracles 4-1 setelah gol antara lain oleh Quincy Promes dan Zakaria Labyad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *